Kisah Para Rasul 6:2
6:2 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu
memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah
untuk melayani meja.
Kisah Para Rasul 11:29
11:29 Lalu murid-murid
memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan,
sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara
yang diam di Yudea.
Kisah Para Rasul 14:20
14:20 Akan tetapi ketika murid-murid
itu berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota. Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe.
Kisah Para Rasul 14:22
14:22 Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman,
dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara
1 .
Kisah Para Rasul 15:10
15:10 Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah
dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk,
yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?
Kisah Para Rasul 16:1
Timotius turut serta dengan Paulus
16:1 Paulus datang juga ke Derbe dan ke Listra.
Di situ ada seorang murid bernama Timotius;
ibunya adalah seorang Yahudi dan telah menjadi percaya,
sedangkan ayahnya seorang Yunani.
Kisah Para Rasul 19:1
Paulus di Efesus
19:1 Ketika Apolos
masih di Korintus,
Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus.
Di situ didapatinya beberapa orang murid
2 .
Kisah Para Rasul 20:1
Dari Makedonia ke Troas
20:1 Setelah reda keributan itu, Paulus memanggil murid-murid
dan menguatkan hati mereka. Dan sesudah minta diri, ia berangkat ke Makedonia.
Kisah Para Rasul 21:4
21:4 Di situ kami mengunjungi murid-murid
dan tinggal di situ tujuh hari lamanya. Oleh bisikan Roh
murid-murid itu menasihati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem
3 .
1 Full Life: MENGALAMI BANYAK SENGSARA.
Nas : Kis 14:22
Mereka yang menyerahkan diri kepada ketuhanan Kristus dan yang
akhirnya akan memasuki kerajaan Allah harus menderita "banyak sengsara".
Karena hidup di dalam dunia yang bermusuhan, mereka harus ikut serta dalam
peperangan rohani melawan dosa dan kuasa Iblis (Ef 6:12; bd.
Rom 8:17; 2Tes 1:4-7; 2Tim 2:12).
- 1) Mereka yang setia kepada Kristus, Firman-Nya, dan cara hidup benar
dapat mengharapkan kesulitan di dunia ini (Yoh 16:33). Hanya orang
percaya yang suam-suam kuku atau berkompromi akan mendapat damai dan
kesenangan dari dunia ini (bd. Wahy 3:14-17).
- 2) Dunia jahat yang sekarang ini dan orang percaya yang palsu akan
tetap memusuhi Injil Kristus sampai Tuhan meruntuhkan sistem dunia yang
jahat ini pada saat kedatangan-Nya (pasal Wahy 19:1-20:15). Sementara
itu pengharapan orang-orang percaya "disediakan ... di sorga"
(Kol 1:5) dan akan "dinyatakan pada zaman akhir" (1Pet 1:5).
Pengharapan mereka tidak berada di dalam hidup ini atau dunia ini,
tetapi dalam kedatangan Sang Juruselamat untuk menjemput mereka
(Yoh 14:1-3; 1Yoh 3:2-3;
lihat art. PENGHARAPAN ALKITABIAH).
2 Full Life: EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid
Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk
orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya
murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan
dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini
adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias.
Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya
sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh
Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus
terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat
Kis 19:5-6).
3 Full Life: OLEH BISIKAN ROH MURID-MURID ITU MENASIHATI PAULUS SUPAYA IA JANGAN PERGI KE YERUSALEM.
Nas : Kis 21:4
"Oleh bisikan Roh" artinya "karena apa yang dikatakan Roh." Roh
Kudus tidak menghalangi Paulus pergi ke Yerusalem, karena Allah menghendaki
dia pergi (lih. ayat Kis 21:14; 23:11). Namun, Allah sedang memberikan
peringatan kepada Paulus bahwa banyak penderitaan menunggu dia di sana.
Kemungkinan Roh mengatakan yang sama di Tirus seperti di Kaisarea (ayat
Kis 21:8-14). Akan tetapi, Paulus sudah menghitung harganya dan tetap
bersedia mati bagi Injil (ayat Kis 21:10-14).